SSD / flashdisk adalah ?

  • SSD adalah hasil modifikasi dari RAM (sebutan orang fisika nonvalotile memory), namun sedikit dimodifikasi sehingga bisa menyimpan data (kalo ram apabila dicabut dari catu daya atau power supply akan hilang datanya).SSD sendiri dibuat sedemikian rupa sehingga muatan-muatan didalamnya tidak hilang apabila tidak ada power. inilah yang menyebabkan SSD performanya lebih cepat.
  • SSD juga mempunyai arsitektur seperti prosesor, dibuat dengan teknologi 45 nm (seperti core2duo). nah prosesor sekarang kan akan keluar dengan teknologi 22 nm, maka SSD akan mempunyai masa depan yang cerah. menurut hukum moore, kalo SSD sekarang bisa sampe 500 gb, maka SSD diperkirakan bisa mencapai 8-16 TB (menurut perhitungan ane) kira2 3 tahun lagi. kemudian, SSD nya akan lebih hemat 40% persen dari harddisk biasa dan lebih cepat dari SSD sebelum2nya..
  • SSD akan lebih stabil dan portable karena dia metodenya penyimpanan muatan, tidak seperti harddiks. contohnya: dulu saya pernah nonton dari film di mbp di travel bandung-jakarta karena jalannya jelek maka mbp ane goyang2, akibatnya harddisk internal ane goyang2 dan filmnya jadi putus2. kemudian, saya pindahkan filmnya ke flashdisk, dan alhasil filmya tidak putus2 sama sekali (flashdisk dan SSD hampir sama arsitekturnya).
  • SSD kan menggunakan metode penyimpanan muatan, tidak seperti harddisk yang menulis dipiringan magnetik.data pada harddiks akan hilang apabila harddisk tergoncang2. untuk SSD sendiri berbeda, karena adanya efek kuantum pada ukuran nanometer (SSD komponennya berukuran nanometer), maka apabila tidak ada catu daya pada SSD datanya akan hilang (istilahnya retention time). tapi tenang saja, SSD akan kehilangan data apabila tidak ada daya selama 10 tahunan kok.
Dari keempat hal diatas, maka sangat dianjurkan untuk mengganti SSD, saya aja lagi baca2 di sini dan di forum luarbuat ganti mbp ane pake SSD.
oh iya gan, doain yah gan kerjaan saya dan tim riset saya dapat merealisasikan SSD (tapi ga mungkin dibuatdiindonesia   ) ini. riset SSD ini menggunakan bahan dasar Hafnium, tidak seperti SSD sekarang yang menggunakan silikon. menurut hasil simulasi, bisa mempercepat kinerja 100-1000x dari yang biasa dan memperpanjang retention time sampai 100 tahun.

Sumber http://indoflasher.wordpress.com/2013/05/13/tentang-ssd/